Langkah Pembelajaran PROBLEM-BASED LEARNING
Langkah 1 Klarifikasi Permasalahan
- Guru menyajikan fenomena yang mengandung masalah yang sesuai dengan kompetensi dasar atau indikator. Bentuknya bisa berupa gambar, teks, video, vignettes, fenomena riil, dan sebagainya.
- Peserta didik melakukan identifikasi terhadap fenomena yang ditampilkan guru untuk menmukan masalah dari fenomena yang ditampilkan.
- Peserta didik melakukan klarifikasi terhadap masalah yang ditemukan.
(cinta kebenaran)
Langkah 2 Brainstorming
- Peserta didik mengidentifikasi masalah dan melakukan brainstorming dengan fasilitasi guru
- Guru memfasilitasi Peserta didik untuk mengklarifikasi fakta, konsep, prosedur dan kaidah dari masalah yang ditemukan.
- Peserta didik melakukan brainstorming dengan cara sharing information, klarifikasi informasi dan data tentang masalah yang ada, melakukan peer learning dan bekerjasama (working together)
- Peserta didik mendapatkan deskripsi dari masalah, apa saja yang perlu dipelajari untuk menyelesaikan masalah, deskripsi konsep yang sudah dan belum diketahui, menemukan penyebab masalah, dan menyusun rencana untuk menyelesaikan masalah.
- Peserta didik mengembangkan alternatif penyelesaian masalah
- Peserta didik menyusun dan mengembangkan action plan untuk penyelesaian masalah.
(kerja keras, kreatif, kerja sama)
Langkah 3 Pengumpulan Informasi dan Data
- Peserta didik melakukan kegiatan pengumpulan data dan informasi terkait dengan penyelesaian masalah, perpustakaan, web, dan berbagai sumber data yang lain serta melakukan observasi.
- Peserta didik secara mandiri mengolah hasil pengumpulan informasi/data untuk dipergunakan sebagai solusi dalam menyelesaikan masalah.
(kerja keras, kreatif)
Langkah 4 Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi
Penyelesaian Masalah
- Peserta didik kembali melakukan brainstorming, klarifikasi informasi, konsep dan data terkait dengan permasalahan yang ada dan menemukan solusinya, melakukan peer learning dan bekerjasama (working together).
- Peserta didik merumuskan dan menetapkan solusi (pemecahan masalah).
- Peserta didik menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah.
(kerjasama, kreatif)
Langkah 5 Presentasi Hasil Penyelesaian
Masalah
- Peserta didik mempresentasikan hasil brainstormingnya tentang solusi yang dikemukakan untuk penyelesaian masalah.
- Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
- Peserta didik mereviu, menganalisis, mengevaluasi dan refleksi terhadap pemecahan masalah yang ditawarkan beserta reasoningnya dalam diskusi kelas.
- Peserta didik melakukan perbaikan berdasarkan hasil diskusi.
(keberanian , cinta kebenaran)
Langkah 6 Refleksi
- Peserta didik mengemukakan ulasan terhadap pembelajaran yang dilakukan.
- Guru dan Peserta didik memberikan apresiasi atas partisipasi semua pihak.
- Guru dan Peserta didik melakukan merefleksi atas kontribusi setiap orang dalam proses pembelajaran.
- Guru dan Peserta didik merayakan.
(menghargai)
Komentar
Posting Komentar