Langkah Pembelajaran PROBLEM-BASED LEARNING

Langkah 1 Klarifikasi Permasalahan

  • Guru menyajikan fenomena yang mengandung masalah yang sesuai dengan kompetensi dasar atau indikator. Bentuknya bisa berupa gambar, teks, video, vignettes, fenomena riil, dan sebagainya.
  • Peserta didik melakukan identifikasi terhadap fenomena yang ditampilkan guru untuk menmukan masalah dari fenomena yang ditampilkan.
  • Peserta didik melakukan klarifikasi terhadap masalah yang ditemukan.

(cinta kebenaran)

Langkah 2 Brainstorming

  • Peserta didik mengidentifikasi masalah dan melakukan brainstorming dengan fasilitasi guru
  • Guru memfasilitasi Peserta didik untuk mengklarifikasi fakta, konsep, prosedur dan kaidah dari masalah yang ditemukan.
  • Peserta didik melakukan brainstorming dengan cara sharing information, klarifikasi informasi dan data tentang masalah yang ada, melakukan peer learning dan bekerjasama (working together)
  • Peserta didik mendapatkan deskripsi dari masalah, apa saja yang perlu dipelajari untuk menyelesaikan masalah, deskripsi konsep yang sudah dan belum diketahui, menemukan penyebab masalah, dan menyusun rencana untuk menyelesaikan masalah.
  • Peserta didik mengembangkan alternatif penyelesaian masalah
  • Peserta didik menyusun dan mengembangkan action plan untuk penyelesaian masalah.

(kerja keras, kreatif, kerja sama)

Langkah 3 Pengumpulan Informasi dan Data

  • Peserta didik melakukan kegiatan pengumpulan data dan informasi terkait dengan penyelesaian masalah, perpustakaan, web, dan berbagai sumber data yang lain serta melakukan observasi.
  • Peserta didik secara mandiri mengolah hasil pengumpulan informasi/data untuk dipergunakan sebagai solusi dalam menyelesaikan masalah.

(kerja keras, kreatif)

Langkah 4 Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah

  • Peserta didik kembali melakukan brainstorming, klarifikasi informasi, konsep dan data terkait dengan permasalahan yang ada dan menemukan solusinya, melakukan peer learning dan bekerjasama (working together).
  • Peserta didik merumuskan dan menetapkan solusi (pemecahan masalah).
  • Peserta didik menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah.

(kerjasama, kreatif)

Langkah 5 Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah

  • Peserta didik mempresentasikan hasil brainstormingnya tentang solusi yang dikemukakan untuk penyelesaian masalah.
  • Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
  • Peserta didik mereviu, menganalisis, mengevaluasi dan refleksi terhadap pemecahan masalah yang ditawarkan beserta reasoningnya dalam diskusi kelas.
  • Peserta didik melakukan perbaikan berdasarkan hasil diskusi.

(keberanian , cinta kebenaran)

Langkah 6 Refleksi

  • Peserta didik mengemukakan ulasan terhadap pembelajaran yang dilakukan.
  • Guru dan Peserta didik memberikan apresiasi atas partisipasi semua pihak.
  • Guru dan Peserta didik melakukan merefleksi atas kontribusi setiap orang dalam proses pembelajaran.
  • Guru dan Peserta didik merayakan.

(menghargai)


Komentar