Model Pembelajaran Inquiri Tipe Pictorial Riddle
Salah satu model pembelajaran inquiri yang
dikemukakan oleh Sund dan Trowbridge yaitu pictorial riddle. Biasanya,
suatu riddle berupa gambar di papan tulis, poster,
diproyeksikan dari suatu transparansi atau melalui media LCD, kemudian guru
mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan riddle itu.[1] Pictorial riddle merupakan
pendekatan yang mempresentasikan informasi ilmiah dalam bentuk poster atau
gambar yang digunakan sebagai sumber diskusi.
Pictorial riddle merupakan
metode mengajar yang dapat mengembangkan motivasi dan minat siswa dalam diskusi
kelompok kecil.[2] Gambar
peragaan, atau situasi sesungguhnya dapat digunakan untuk meningkatkan cara
berfikir kritis dan kreatif para siswa. Keunggulan penggunaan metode pictorial
riddle dalam proses pembelajaran adalah mendidik siswa untuk
berfikir kritis yang secara fisik dan mental terlibat dalam kegiatan
belajar mengajar sehingga dapat memacu kreatifitas siswa dan motivasi
siswa untuk belajar lebih baik dan akhirnya pemahaman siswa terhadap
konsep suatu materi dapat lebih baik pula.
Metode pictorial riddle menggunakan
media gambar sebagai pusat diskusi. Kemudian untuk merumuskan suatu
masalah dalam gambar tersebut, setiap kelompok membagi tugas masing-masing,
selanjutnya setiap anggota kelompok meneliti, sehingga siswa bisa
menemukan sendiri inti dari materi pembelajaran, setelah itu perwakilan
kelompok untuk mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
[1]
Hamruni, Strategi dan Model-Model Pembelajaran
Aktif Menyenangkan (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2009), hlm. 146.
[2]
E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan
Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan (Bandung : PT Remaja Rosdakarya,
2007), hlm.168
Komentar
Posting Komentar